Cara Mengatasi Demam pada Anak Secara Herbal

Mengatasi Demam pada Anak Secara Herbal – Kesehatan anak tentu merupakan hal utama yang diperhatikan oleh setiap orang tua. Tidak jarang ketika anak atau putra-putri anda aktiv bermain setiap harinya, demam bisa muncul secara tiba – tiba dan membuat mereka lemas. Kondisi ini juga beberapa kali membuat orang tua panik. Jika anda mengalami hal demikian, anda haru smengetahui mengatasi demam pada anak secara herbal.

Cara Mengatasi Demam pada Anak Secara Herbal


Demam merupakan kondisi dimana daya tahan tubuh anak mulai melemah. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena dia masuk angin atau karena penyakit lainnya. Anda tidak perlu memberinya obat – obatan yang ada di apotik atau warung dengan seketika. Jika gejala panas yang timbul tidak sebegitu parah, pilihlah cara herbal yang lebih aman untuk anak.

1. Mandi dengan air hangat

Mengatasi demam pada anak dengan cara alami tidaklah sulit. Yang pertama, anda bisa memandikannya dengan air hangat. Cara ini dikenal mampu membuat demam turun serta membantu merilekskan badan kita. Tidak hanya itu, tetapi juga bermanfaat membunuh organisme serta bakteri.

2. Kompres dengan air hangat

Cara mengatasi demam pada anak secara herbal selanjutnya adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Lakukan dengan membasahi handuk menggunakan air hangat kemudian meletakkannya di lengan maupun dahi anak. Anda bisa juga membuat kaos kaki basah dapat digunakan untuk kompres. Ada langkah-langkahnya tersendiri.

3. Meminum Teh Jahe

Khasiat jahe bisa membantu anda dalam menemukan cara untuk mengatasi demam pada anak secara tradisional. Jahe ini dapat berguna membantu membuat pori-pori terbuka yang menyebabkan keringat akan keluar. Demam pun juga  menjadi turun. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Didihkan seledri sampai 15 menit. Saring, tuangkan madu secukupnya sebelum diminum.

4. Konsumsi makanan pedas

Daftar berikutnya tidak disarankan untuk yang memiliki riwayat lambung atau pencernaan. Kandungan yang ada pada cabai senyawa kimia yaitu capsaicin. Kandungan ini memiliki sifat rasa pedas. Dengan mengonsumsi masakan pedas, anda bisa mengeluarkan keringat dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Konsumsi jus buah

Tips mengatasi demam pada anak secara alami adalah dengan meminum jus buah. Salah satu contohnya adalah buah nanas. Kandungannya dapat membantu demam menjadi turun. Perlu anda ketahuai bahwa Nanas memiliki kandungan antiperadangan alami yang dapat membantu meredakan demam.

6. Minum banyak air putih
Untuk menghindari dehidrasi pada tubuh saat demam, sebaiknya dianjurkan banyak minum air putih. Ajari anak anda untuk serig meminum air putih. Penuhilah kebutuhan tubuh akan cairan dengan air putih 2 liter setiap hari.

7. Konsumsi Vitamin C

Mengatasi demam pada anak secara herbal berikutnya adalah mengonsumsi vitamin c. Saat gejala demam mulai timbul, sebaiknya dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C. Karena hal ini tentu sangat bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

8. Minum Teh, Lemon, Madu untuk Mengatasi Demam pada Anak Secara Herbal

Daftar berikutnya adalah salah satu minuman yang bermanfaat saat demam yaitu teh lemon madu. Anda bisa membayangkan rileksnya seperti apa. Kombinasi dari ketiga bahan minuman ini dikenal memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan tinggi. Akan nikmat jika diminum tersaji hangat

9. Sup Hangat

Tahukah anda bahwa hasil penelitian menunjukkan bahan-bahan pada sup ayam bisa mengurangi terjadinya pembengkakan pada rongga hidun. Tentu hal semacam ini akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Anda bis menambahkan sumber proteni yang baik.

10. Merenovasi kamar

Tips mengatasi demam pada anak secara alami bisa juga anda buat suasana baru pada kamar tidur. Suasana kamar dan tata ruangnya adalah satu hal cukup penting dan berpengaruh pada kesehatan. Anda bisa melakukan ini untuk menurunkan demam pada anak.

11. Memakai Pakaian Tipis dan Nyaman
12. Mengatur Suhu Kamar
13. Beri Minuman
14. Biarlah Anak Keluar Kamar
15. Buat Anak Berendam dalam Air
16. Banyak Istirahat atau Tidur
17. Mandikan Anak
18. Janganlah Izinkan Kegiatan Fisik untuk Anak
19. Beri ASI Untuk Menurunkan Panas Pada Anak
20. Beri Minuman Probiotik
21. Kompres Ketiak dengan Alkohol
22. Baluran Bawang Merah
23. Minum Air Kelapa Muda

Cara herbal atau tradisional tentu menjadi pilihan dan saran pertama. Sebab, selain karena anda bisa memastikan sendiri bagaimana membuatnya anda juga bisa mengurangi resiko ketergantungan obat – obat yang dijual di pasaran. Tak peru panik jika anak mengalami demam, cobalah dulu untuk mengatasi demam pada anak dengan cara herbal.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Obat Herbal Indonesia