10 Makanan Penyebab Darah Tinggi Naik yang Harus Anda Ketahui

10 Makanan Penyebab Darah Tinggi Naik yang Harus Anda Ketahui – Darah tinggi atau hipertensi adalah sebuah penyakit tekanan darah tinggi yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Kebanyakan disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, strees yang berlebih, usia yang sudah lanjut, dan lain sebagainya. Jika anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi dalam keluarga, maka kemungkinan besar anda pun juga akan mewarisinya jika tidak menjaga pola hidup yang lebih baik.

10 Makanan Penyebab Darah Tinggi Naik yang Harus Anda Ketahui


Menjaga pola hidup sehat menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit hipertensi, salah satunya dengan membatasi pengkonsumsian makanan dan minuman tertentu. Untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi, maka 35 makanan penyebab darah tinggi ini harus anda ketahui. Agar resiko terburuk dari penyakit ini dapat anda cegah sedini mungkin.

Beberapa Makanan Penyebab Utama Darah Tinggi


1# Daging Kambing

Bukan rahasia lagi jika daging kambing dapat menyebabkan tekanan darah tinggi menjadi meningkat tajam. Makanan ini memang menjadi pantangan bagi setiap penderita hipertensi. Kandungan lemaknya yang tinggi juga tidak baik untuk penderita jantung.

2# Junk Food

Makanan olahan memang menjadi trend masakan masa kini, namun jenis olahan ini dapat memicu tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Sebaiknya hindari makan-makanan siap saji seperti pizza, humburger, kebab, dll.

3# Makanan Asin (Tinggi Garam)

Makanan yang mengandung rasa asin berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Penggunaan garam atau sodium sebaiknya janganlah terlalu banyak, karena jika dikonsumsi terus menerus hal ini akan penyebabkan darah tinggi.

4# Makanan Kaleng

Makanan penyebab darah tinggi berikutnya berasal dari makanan yang dikemas dalam kaleng. Biasanya makanan seperti ini menjadi pilihan karena lebih praktis dan mudah. Namun makanan kalengan dapat menyebabkan seseorang terkena hipertensi.

5# Makanan Manis

Makanan atau minuman manis juga menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi naik. Jika sebelumnya anda telah didiagnosa menderita hipertensi, maka sebaiknya hindari makanan atau minuman yang manis-manis.

6# Kulit Ayam

Banyak orang yang tidak mengetahui jika kulit ayam ternyata dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kandungan lemaknya yang tinggi menyebabkan makanan ini bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

7# Ikan Sarden

Jika sebelumnya anda adalah penyuka olahan ikan sarden, maka sebaiknya kurangi pengkonsumsiannya. Makanan ini juga dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi menjadi naik.

8# Dendeng

Olahan dendeng memang menjadi favorit, rasanya yang menggugah lidah membuat banyak orang suka dengan makanan ini. Namun jika tidak ingin terkena hipertensi, maka sebaiknya hindari atau kurangi pengkonsumsian olahan dendeng.

9# Telur Asin

telur asin juga menjadi salah satu makanan penyebab darah tinggi atau hipertensi. Kandungan sodium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan resiko terkenanya hipertensi dini jika pengkonsumsiannya dilakukan secara terus-menerus.

10# Mie Instan

Ini yang harus diperhatikan, makanan serba praktis ini ternyata juga dapat menyebabkan hipertensi. Kurangi atau hindari pengkonsumsian mie instan yang berlebih.
Makanan Penyebab Darah Tinggi

Makanan Lainnya Yang Dapat Meyebabkan Darah Tinggi


11.    Daging Sapi
12.    Daging Domba
13.    Ayam Beku
14.    Daging Babi
15.    Kornet Kemasan
16.    Ikan dalam Kaleng
17.    Keripik Asin
18.    Gorengan
19.    Asinan Kubis
20.    Ikan Bandeng
21.    Mentega
22.    Selai Kacang
23.    Cracker
24.    Abon
25.    Udang Kering
26.    Sayuran Kemasan Kaleng
27.    Buah Kemasan Kaleng
28.    Keju Mayonaise
29.    Kecap Asin
30.    Tauco
31.    Saos Tomat Kemasan
32.    Acar
33.    Makanan Chiness Food
34.    Kuah Kaldu
35.    Margarine

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi memang menjadi penyakit yang umum diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pola hidup tidak sehat dan pengkonsumsian makanan tertentu dapat meningkatan resiko terkenanya darah tinggi. Hindari 35 makanan penyebab darah tinggi di atas, agar resiko penyakit ini bisa anda cegah mulai dari sekarang.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Obat Herbal Indonesia