Penyebab Batuk Berdarah dan Mengatasinya Secara Herbal

Penyebab Batuk Berdarah dan Mengatasinya Secara Herbal – Kondisi tubuh  yang sakit tentu membuat anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Selain membutuhkan banyak istirahat, rasa sakit juga butuh banyak penanganan. Apalagi jika anda mengalami batuk berdarah. Selintas memang kondisi terkesan parah. Tetapi anda jangan panik dan melebih – lebihkannya dulu. Ketahui apa saja penyebab batuk berdarah dan mengatasinya secara herbal.

Penyebab Batuk Berdarah dan Mengatasinya Secara Herbal


Batuk berdarah memang menjadi satu kondisi kesehatan yang patut diwaspadai dan diperhatikan. Sebab, ini merupakan hal yang jarang terjadi pada sakit batuk biasa. Ada pola hidup yang tidak sehat yang membuat tubuh menjadi lelah dan timbullah batuk berdarah


Penyebab Batuk Berdarah


Kondisi batuk berdarah memang banyak dialami oleh perokok. Petenis jenis batuk ini sebetulnya bisa menandakan kondisi kesehatan yang buruk dan sakit serius. Batuk disertai darah memerlukan penanganan dan pengobatan khusus. Ada beberapa penyebab batuk berdarah yang bisa anda waspadai sebab kondisinya cukup serius. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

•    Sakit maag atau tukak lambung
•    Luka berat yang diakibatkan oleh senjata tajam atau kecelakaan lalu lintas.
•    Kanker paru-paru
•    Efek samping pemakaian obat terlarang.
•    Kanker tenggorokan.
•    Efek samping konsumsi obat pengencer darah.
•    TBC atau tuberkulosis.
•    Emboli Paru
•    Edema Paru
•    Infeksi Paru – Paru
•    Bronkiektasis
•    Batuk Parah dan Tak Kunjung Sembuh.
•    Bronkitis
•    Pendarahan pada hidung, mulut, atau tenggorokan dan kemudian bercampur bersama air liur yang menyebabkan terjadinya batuk.

Setelah mengetahui penyebabnya, anda bisa mulai untuk mencari cara mengobati batuk berdarah tersebut. Jika menggunakan obat – obatan di apotik tanpa adanya saran dari dokter tentu terlalu berbahaya. Anda bisa menggunakan cara herbal agar tidak terkena efek samping yang terlalu berdampak pada kesehatan.

Mengatasi Batuk Berdarah Secara Herbal

1. Daun Pegagan

Ada segudang kandungan senyawa baik yang membantu penyembuhan batuk anda. Daun pegagan bersifat manis dan menyegarkan. Selain itu juga mengandung anti infeksi, anti racun, peluruh air seni hingga penurun pana. Ini alasan mengapa daun pegagan baik dijadikan obat tradisional. Minumlah rebusan air pegagan 60 – 90 gram.

2. Menggunakan Madu

Pilih madu asli yang memiliki manfaat lebih alami. Madu murni atau asli akan membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh. Sifat antibakteri pada madu bisa anda andalkan dalam mengatasi batuk berdarah. Sediakan madu murni organik dan minum 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan. Rasakan manfaatnya selama anda mengonsumsinya secara rutin hingga membaik.

3. Menggunakan Anggur

Jenis buah bernutrisi cukup lengkap adalah anggur yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Ada 20 persen zat gula dan 70 persen air yang bisa dikonsumsi untuk menjaga tubuh terhidrasi. Buatlah jus anggur dengan campuran 2 sendok teh madu murni. Minumlah sehari 3 kali untuk penyembuhan batuk berdarah secara cepat dan efektif.

4. Tidak Merokok

Tentu ketika anda atau saudara anda mengalami batuk berdarah, pastikan ia benar – benar berhenti dari aktivitas merokok. Kebiasaan ini memang merusak paru – paru dan batuk berdarah menjadi tanda – tanda organ tersebut mengalami gangguan. Apabila batuk berdarah terjadi karena iritasi paru – paru maka dengan berhenti merokok akan mengurangi iritasi tersebut.

5. Minum Air Putih

Bahaya dehidrasi dapat mengincar mereka yang jarang meminum air putih dalam kesehariannya. Jika batuk berdarah disebabkan oleh gangguan kesehatan paru – paru, artinya dalam organ tersebut terdapat cairan lendir kental. Untuk membuatnya lebih encer, perbanyaklah minum air putih.

6. Istirahat

Penyebab batuk berdarah dan mengatasinya secara herbal selanjutnya adalah dengan beristirahat. Tentu siapa saja yang tidak cukup waktunya untuk beristirahat akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan. Tidurlah yang cukup bahkan sedikit lebih banyak. Dengan begitu, sel – sel di jaringan tubuh akan memperbaiki diri.

7. Tidak Berolahraga

Batuk berdarah merupakan tanda – tanda dari tidak sehatnya paru – paru. Maka, sebaiknya anda menghindari dulu aktivitas berat atau olahraga. Hal ini hanya akan membuat paru – paru anda bekerja lebih keras lagi. Usahakan anda harus istirahat total.

Memiliki tubuh sehat tentu sudah menjadi keinginan tiap orang. Namun, itu tidak akan terjadi jika kita masih harus memaksakan tubuh bekerja keras secara terus menerus. Perhatikan pola hidup anda, jaga kesehatan dari sekarang.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Obat Herbal Indonesia