10 Daftar Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

10 Daftar Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari  – Penyakit asam urat banyak dikeluhkan oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Di mana asam urat adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya kadar purin di dalam darah yang tidak dapat diekskresikan ginjal secara sempurna.

10 Daftar Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari


Munculnya penyakit asam urat sendiri biasanya ditandai dengan beberapa gejala, misalnya saja seperti nyeri pada otot persendian, persendian mulai membengkak, terjadi kesemutan, dan lain-lain.
Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka penyakit ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Misalnya saja terjadi kerusakan pada organ ginjal, diabetes, hingga yang terparah adalah gagal ginjal. Oleh sebab itu asam urat harus benar-benar diobati secara maksimal. Selain melakukan pengobatan, menghindari makanan penyebab asam urat juga menjadi cara paling efektif. Berikut 40 daftar makanan penyebab asam urat meningkat yang bisa kamu hindari.

Daftar Makanan Penyebab Asam Urat Yang Bisa Anda Temukan Setiap Hari


1# Daging Merah

Olahan makanan daging merah memang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Daging merah mengandung protein yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun selain itu kandungan purinnya juga sangat tinggi dan membuat makanan ini harus dihindari oleh penderita asam urat.

2# Dada Ayam

Kandungan purin di dalam dada ayam mencapai 100mg per 100 gram dada ayam. Hal ini membuat makanan olahan dari dada ayam harus dihindari oleh para penderita asam urat, agar kadar purin di dalam darah tidak meningkat.

3# Hati Sapi

Hati sapi mungkin bagi sebagai orang menjadi satu makanan favorit. Terlebih lagi hati sapi juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin B12. Namun jika dikonsumsi secara berlebih, justru tidak baik untuk kesehatan terutama bagi para penderita asam urat.

4# Jeroan

Makanan penyebab timbulnya asam urat juga bisa berasal dari seringnya mengkonsumsi jeroan. Jeroan mengandung purin yang sangat tinggi, hal ini menyebabkan kadar purin di dalam darat bisa meningkat jika pengkonsumsiannya terlalu sering.

5# Seafood

Beberapa makanan seafood juga mengandung purin yang tinggi dan bisa menyebabkan penyakit asam urat. Beberapa makanan laut yang mengandung purin tinggi adalah kepiting, kerang, udang, tiram, ikan asing, lopster, dll.

6# Sayur Bayam

Sayur bayam diketahui memiliki peran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun dibalik itu semua warna hijau pada bayam ternyata mengandung purin yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebih dan dalam waktu yang lama, maka bisa menyebabkan penyakit asam urat.

7# Makanan dan Minuman Manis

Pengkonsumsian makanan dan minuman manis secara berlebih memang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi makanan dan minuman yang manis juga bisa menyebabkan penyakit asam urat, meskipun kadarnya rendah.

8# Alkohol

Minuman yang satu ini memang tidak baik untuk kesehatan. Jika pengkonsumsiannya secara terus menerus, bukan hanya penyakit asam urat melainkan juga beresiko timbulnya penyakit lain yang lebih serius di dalam tubuh.

9# Minuman Berkafein

Jika anda penggemar minuman kopi, maka sebaiknya kurangi pengkonsumsiannya. Minuman berkafein juga mengandung purin yang bisa menyebabkan asam urat meskipun jumlahnya sangat rendah.

10# Kacang-Kacangan

Beberapa kacang-kacangan memang dapat menyebabkan kadar purin dalam darah meningkat dan hal ini menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Misalnya saja seperti kacang hijau, kacang merah, kacang polong, dll.

Daftar Makanan Penyebab Asam Urat Lainnya

 
10 Daftar Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

11.Daging Angsa
12.Daging Domba
13.Daging Kambing
14.Daging Babi
15.Daging Kuda
16.Kalkun
17.Kelinci
18.Babat
19.Hati Ayam
20.Kepiting
21.Tiram
22.Udang
24.Lopster
25.Kerang
26.Ikan Teri
27.Ikan Asin
28.Ikan Kakap
29.Ikan Halibut
30.Ikan Bandeng
31.Ikan Salmon
32.Ikan Tuna
33.Kangkung.
34.Kembang Kol
35.Asparagus
36.Kacang Polong
37.Kacang Hijau
38.Biji Melinjo
39.Kacang Merah
40.Jamur

Penyakit asam urat memang tak boleh dianggap enteng begitu saja. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka penyakit ini dapat memicu penyakit serius lainnya. Hindari 40 daftar makanan penyebab asam urat di atas, untuk memperkecil resiko terkenanya penyakit asam urat saat usia lanjut nanti.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Obat Herbal Indonesia